Friday, April 17, 2015

Skenario Pembelajaran Discovery Learning

    Buatlah skenario pembelajaran dengan menggunakan strategi discovery learning!

Sekolah        : MAN Cilendek Tasikmalaya
Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester    : XI (Ganjil)
Materi Pokok        : Teks Cerita Ulang
Alokasi Waktu    : 2x pertemuan (4x40 menit)

1.    Kompetensi Dasar dan Indikator:
No    Kompetensi Dasar    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui cerita ulang.   


-    Menganalisis isi teks cerita ulang
-    Menganalisis kaidah teks cerita ulang
-    Menyunting teks cerita ulang berdasarkan struktur isi dan kaidah teks cerita ulang
2.3    Menunjukkan  perilaku jujur, tanggung jawab dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bercerita ulang.   
3.3    Menganalisis teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan.   
4.3    Menyunting teks cerita ulang, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.   

2.    Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Pendahuluan
1.    Siswa merespon salam guru
2.    Siswa membaca doa yang dipimpin guru
3.    Siswa merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi (lahir batin)
4.    Siswa merespon pertanyaan guru tentang pembelajaran sebelumnya
5.    Siswa merespon keterkaitan  pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
6.    Siswa menerima informasi kompentensi, materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
7.    Guru mengarahkan siswa agar pembelajaran dapat mengembangkan sikap santun, jujur, tanggung jawab, cinta damai melalui kegiatan belajar teks cerita ulang.
B.    Kegiatan Inti
1.    Stimulation (Stimulasi/pemberian rangsangan)
Guru memberikan rangsangan dengan membagikan selembaran mengenai contoh analisis teks ceritata ulang dan teks cerita ulang karya teman kepada seluruh siswa. Guru  menyuruh siswa untuk membaca dan  memahami kedua teks cerita ulang tersebut.
2.    Problem Statement (pernyataan/identifikasi masalah)
Guru bertanya kepada siswa mengenai teks cerita ulang yang dibaca. Dan memberikan kesempatan  siswa untuk menanyakan hal –hal yang tidak dimengerti atau kurang jelas. Siswa merespon dengan  bertanya mengenai isi teks cerita ulang dan teks cerita ulang karya teman. Guru menjelaskan mengenai isi teks cerita ulang dan cerita ulang yang ditulis teman.
3.    Data collection (pengumpulan data)
Setelah menyimak penjelasan guru, siswa mencari informasi lain dari berbagai sumber seperti internet dan diskusi dengan teman lainnya. Setelah memperoleh pengetahuan, siswa menganalisis isi teks cerita ulang dari struktur dan kaidahnya. Setelah itu siswa menyunting teks cerita ulang yang ditulis teman dari struktur dan kaidah teks cerita ulang.
4.    Verification (pembuktian)
Pada tahap ini, siswa mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis teks cerita ulang dan memperbaiki teks cerita ulang berdasarkan hasil suntingan yang telah dilakukan siswa sebelumnya.
5.    Generalization (menarik kesimpulan)
Pada tahap ini siswa memperesentasikan atau mengkomunikasikan hasil analisis mengenai teks cerita ulang kepada guru dan teman-temannya. Guru dan teman lainnya memberi tanggapan atau komentar.
C.    Kegiatan Penutup
1.    Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran mengenai teks cerita ulang
2.    Siswa melakukan refleksi terhadap apa yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung
3.    Guru dan siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
4.    Guru dan siswa menutup pembelajaran dengan berdoa

No comments:

Post a Comment