A. LEMBAR KERJA
Buatlah contoh penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam kegiatan pembelajaran!
Sekolah : MAN Cilendek Tasikmalaya
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI (Ganjil)
Materi Pokok : Teks Cerita Ulang
Alokasi Waktu : 2x pertemuan (4x40 menit)
A. Kompetensi Dasar dan Indikator:
No Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui cerita ulang.
- Menganalisis isi teks cerita ulang
- Menganalisis kaidah teks cerita ulang
- Menyunting teks cerita ulang berdasarkan struktur isi dan kaidah teks cerita ulang
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bercerita ulang.
3.3 Menganalisis teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan.
4.3 Menyunting teks cerita ulang, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
B. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu
Pendahuluan 1. Siswa merespon salam guru
2. Siswa membaca doa yang dipimpin guru
3. Siswa merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi (lahir batin)
4. Siswa merespon pertanyaan guru tentang pembelajaran sebelumnya
5. Siswa merespon keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
6. Siswa menerima informasi kompentensi, tujuan dan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
7. Guru mengarahkan siswa agar pembelajaran dapat mengembangkan sikap santun, jujur, tanggung jawab, cinta damai melalui kegiatan belajar teks cerita ulang.
10 menit
Inti Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
- Guru menjelaskan materi pembelajaran
- Guru memberikan contoh analisis teks cerita ulang dan cerita ulang yang ditulis teman.
Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
Siswa membaca dan mengamati kedua teks cerita ulang tersebut. Siswa bertanya kepada guru mengenai isi teks cerita ulang dan teks cerita ulang yang ditulis teman. Siswa juga bertanya mengenai struktur dan kaidah teks cerita ulang. Guru menjelaskan isi teks cerita ulang dan teks cerita ulang ditulis teman, guru juga menjelaskan mengenai struktur dan isi teks cerita ulang.
Membimbing penyelidikan individual
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber selain dari penjelasan guru seperti internet dan berdiskusi dengan teman lainnya. Setelah memperoleh pengetahuan mengenai teks cerita ulang, siswa menganalisis isi teks cerita ulang dari struktur dan kaidahnya. Setelah itu siswa menyunting teks cerita ulang yang ditulis teman berdasarkan struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Siswa mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis teks cerita ulang. Guru juga membimbing siswa untuk memperbaiki hasil analisis teks cerita ulang berdasarkan hasil suntingan. Siswa mempresentasikan hasil analisisnya di depan kelas dengan percaya diri. Siswa lainnya menanggapi/mengomentari presentasi teman dengan santun.
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
- Guru membetulkan kesalahan yang terdapat pada siswa.
- Guru dan siswa bertanya jawab tentang materi hari ini yang belum difahami siswa.
60 menit
Penutup
1. Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran mengenai teks cerita ulang
2. Siswa melakukan refleksi terhadap apa yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung
3. Guru dan siswa merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
4. Guru dan siswa menutup pembelajaran dengan berdoa
10 menit
No comments:
Post a Comment